Balitbangtan Dorong Masyarakat Lampung Utara Manfaatkan Sorgum Bioguma

Berita

 289 total views,  2 views today.

Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani serta dinilai memilki banyak keunggulan, Badan Penelitian dan Pengembanagn Pertanian (Balitbangtan) mendorong masyarakat Lampung Utara untuk memanfaatkan sorgum bioguma sebagai tanaman pangan. Sorgum bioguma sendiri merupakan salah satu varietas unggul baru rakitan Balitbangtan yang memiliki sejumlah keunggulan diantaranya batang lebih besar, tingkat kemanisan atau kandungan brix lebih tinggi, serta volume nira dan produksi biji yang lebih tinggi.

Hal tersebut disampaikan peneliti Balitbangtan Prof. Endang Gati Lestari saat meninjau tanaman sorgum di Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, Jumat (21/05/2021)

“Tanaman sorgum ini banyak sekali manfaatnya, seperti biji sorgum bisa dijadikan pangan pengganti beras dan tepung sebagai terigu, sedangkan nira sorgum bisa diolah menjadi kecap, gula dan bioetanol, sedangkan batangnya dapat digunakan sebagai pakan ternak (silase),” katanya disela-sela kegiatan.

“Banyaknya kelebihan yang dimiliki, sorgum ini maka kami berharap masyarakat Lampung Utara untuk memanfaatkan sorgum, khususnya sorgum bioguma ini,” ucapnya.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum mengenal sorgum sehingga perlu dilakukannya sosialisasi secara terus menerus untuk menstimulasi kebutuhan gandum dan tepung terigu.

Selain meninjau tanaman sorgum bioguma Endang juga mengunjungi salah satu tempat produksi pemanfaatan sorgum di Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan.

Dalam kesempatan itu Endang mengapresiasi antusias atas usaha dan kerja keras masyarakat setempat dalam mengembangkan sorgum sebagai tanaman pangan.

“Mudah-mudahan sorgum di Lampung Utara ini bisa berkembang, sehingga bisa mensejahterakan petani. Kalau bisa dikembangkan lebih jauh saya pikir kebutuhan pangan dan pakan bisa kita penuhi dari sorgum,” ujar Endang

Senada disampaikan, Ketua PJS Indonesia Cerdas Desa wilayah Provinsi Lampung, Adi Chandra. Ia menjelaskan bahwa tanaman sorgum ini banyak keunggulan dan manfaatnya.

“Ya hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung pengganti terigu dan lainnya,” terangnya.

Menurutnya, yang menarik dari sorgum adalah tidak adanya kandungan gluten. Sorgum kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan ini patut dikembangkan sebagai pangan alternatif yang menyehatkan tanpa bahan kimia.

Adi juga mengatakan untuk produksi bahan makanan dari tanaman sorgum pihaknya akan segera membuka kantor cabang wilayah Lampung Utara tepatnya di depan pasar central Kotabumi. Pihaknya juga akan segera mengurus perizinan produk dan uji bahan makanan higenis di dinas perizinan dan kesehatan setempat.

“Kita akan segera lakukan dan mengurus perizinan dan kesehatan untuk produksi bahan makanan tanaman sorgum, kita juga akan segera menggelar Bimtek bekerjasama dengan Bupati, dinas pertanian dan dinas perdagangan untuk memberikan edukasi pada para petani khususnya di wilayah Lampung Utara untuk menjadi narasumber tentang asas pemanfaatan budidaya biji tanaman sorgum,” tuturnya.

Adi juga mengungkapkan rasa terimakasih atas motivasi dan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan yang telah memenuhi undangan untuk berkunjung ke Lampung Utara.

Sumber: topmedianews.id