Penuhi Kebutuhan Sorgum, Balitbangtan Perbanyak Benih di Jember

Berita

 319 total views,  3 views today.

Jember merupakan salah satu daerah pengembangan Sorgum Bioguma rakitan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Melalui PT Tarutama Nusantara, varietas unggul baru (VUB) tersebut diperbanyak benihnya.

“Saat ini telah dilakukan penanaman Sorgum manis Bioguma 1, 2 dan 3 untuk menghasilkan benih dengan label ungu (stock seed/SS),” ujar peneliti Balitbangtan, Prof. Endang Gati Lestari saat melakukan monitoring penangkaran benih di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (17/6/2021).

“Kegiatan penangkaran telah dilaporkan ke BPSB (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih), dan petugas dari BPSB telah melakukan kunjunan pengamatan dua kali yaitu saat tanam dan saat malai mulai berkembang,” tambahnya.

Luas lahan yang digunakan untuk perbanyakan benih sorgum bioguma tersebut mencapai dua hektar lebih.

Di Kelurahan Bintoro, Bioguma 1 ditanam di lahan seluas 1,1 hektar, dan Bioguma 3 ditanam di lahan seluas 1,2 hektar.

Sementara varietas Bioguma 2 ditanam di Kelurahan Nangkaan, Bondowoso dengan luas lahan 0,3 hektar.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapang, diketahui umur sorgum bioguma adalah 80 hari. Penampilan tanaman tampak seragam, ukuran malai cukup besar, sudah mulai masak ditandai warna malai menjadi krem agak putih, dengan taksiran produksi sekitar 4-5 ton/hektar.

“Pemasakan malai tidak serempak, dikarenakan ada tanaman sulam, serta tidak dapat dipastikan homogennya kesuburan tahan yang digunakan. Untuk itu disarankan waktu panen nanti diutamakan yang sudah masak terlebih dahulu, baru disusul malai berikutnya,” jelas Endang.

Dari monitoring ini juga diketahui kemurnian dari pertanaman menunjukkan hasil yang baik, yaitu tidak adanya tanaman campuran sehingga tidak perlu rogging atau membuang tanaman campuran.

Endang pun berharap, perbanyakan sorgum bioguma ini dapat memenuhi kebutuhan benih yang terus meningkat, khususnya untuk wilayah Jawa Timur.

Bagi yang tertarik, bisa langsung menghubungi pihak PT. Tarutama Nusantara atas nama Iryono  dengan nomor Hp 0822-3116-3099 (AB)