Umur 8 Bulan, Begini Pertumbuhan Pisang Hasil Kultur Jaringan di Bogor

Berita

 159 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) mengunjungi BPP Ciseeng Kabupaten Bogor pada Jumat (6/8/2021). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan Koordinasi dan promosi hasil kultur jaringan hasil yang dilakukan oleh BB Biogen.

Pada kesempatan ini, Kepala BB Biogen Mastur PhD bersama tim sempat meninjau demplot pertanaman pisang Rajabuluh dan Raja Tanduk hasil kultur jaringan di salah satu poktan desa Cibentang, Ciseeng binaan BPP Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Dari kegiatan tersebut diketahui bahwa sebagian besar pertanaman pisang tumbuh dengan baik dan beberapa tanaman sudah muncul tanduk dan tandan pisang. Umur tanaman sekitar 8 bulan setelah tanam dan diharapkan pada bulan Desember sudah mulai panen dan hasilnya sudah bisa dimanfaatkan oleh petani.

Setiap batang pohon pisang memiliki anakan dengan jumlah rata-rata 6 batang. Meskipun ada yg memiliki anakan sekitar 10 batang baru mulai tumbuh tunas. Beberapa pohon memiliki anakan yg relatif beda umur dan harapannya dapat panen secara bergantian dan berurutan sehingga dapat utk menambah ekonomi petani. Anakan-anakan pisang selanjutnya bisa disebar ke petani lain yang membutuhkan. (EL)