HUT RI-76, Peneliti BB Biogen Raih Penghargaan dari Menteri Pertanian

Berita

 795 total views,  2 views today.

Peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologgi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) Dr. Ir. Iswari Saraswati Dewi mendapat penghargaan sebagai Peneliti dan Perekayasa Berprestasi dari Kementerian Pertanian.

Pemberian Penghargaan oleh Menteri Pertanian diwakili Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Auditorium Kementan usai mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi secara virtual dari Istana Negara, Selasa (17/8/2021).

Iswari merupakan satu dari 12 orang yang mewakili penerima penghargaan secara simbolis dari total 248 orang. Wanita yang telah mengabdi selama 28 tahun 4 bulan ini merupakan Ahli Peneliti Utama di BB Biogen.

Dalam karirnya, Iswari menjadi pemulia dalam perakitan Sorgum Bioguma 1 Agritan, Bioguma 2 Agritan, dan Bioguma 3 Agritan. Padi Biosalin 1 Agritan, Biosalin 2 Agritan, padi Biobestari Agritan, padi Bioprima (SK-proofread), padi Bioemas (SK-proofread), serta menjadi peneliti dalam perakitan padi Bioni 63 Ciherang.

Iswari juga telah memperoleh penghargaan atas prestasinya secara nasional dibidang Pembangunan Pertanian pada komoditas padi dengan Teknik Kultur Antera, oleh Kementerian Pertanian pada peringatan Hari Pangan Sedunia di Boyolali, 25 Oktober 2016 lalu.

Selain itu, wanita kelahiran Bogor pada 61 tahun silam ini juga telah menghasilkan 70 karya tulis ilmiah (KTI) Nasional, dan 22 KTI Internasional.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menjelaskan, dalam moment di Auditorium ini penghargaan diberikan secara simbolik, namun totalnya berjumlah 248.

“Penghargaan diberikan kepada 248 insan pertanian teladan dan berprestasi berasal dari seluruh Indonesia. Diantaranya termasuk juga 49 Petani Berprestasi, 27 Penyuluh Pertanian ASN teladan, 21 Penyuluh Pertanian Swadaya teladan, 3 WI berprestasi, 7 P4S berprestasi, 3 Dosen berprestasi, 1 PWMP berprestasi, dan 3 Poktan berprestasi”, ujar Dedi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada para teladan. Pemberian penghargaan ini juga diyakini untuk meningkatkan motivasi dan semakin memacu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian agar berkembang semakin baik lagi.

“Saya mengapresiasi pemberian penghargaanini. Saya berharap tentu hal ini akan memacu semangat kita untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk memajukan sektor pertanian ini. Juga memacu setiap para pelaku utama sebagai bagian dari SDM Pertanian untuk semakin bergerak lebih baik lagi meningkatkan produksi dan produktivitas,” harap Mentan SYL.

Sementara Wakil Harvick Hasnul Qolbi menjelaskan, meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun Kementan tak lupa memberikan apresiasi kepada pelaku pembangunan pertanian, stakeholders dan juga mitra pertanian, dalam hal ini termasuk petani, penyuluh dan para pendidik yang memiliki dedikasi bagi pembangunan pertanian nasional.

“Perayaan HUT RI ke-76 ini kami jadikan momentum untuk memberikan penghargaan termasuk kepada Petani, Penyuluh, WI, Dosen dan para pelaku pembangunan pertanian lainnya yang berhasil mengakselerasi pembangunan pertanian nasional,” ujar Harvick. (AB)