Mendukung Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Narkoba, BB Biogen Menggelar Sosialisai P4GN

Berita

 233 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menyelenggarakan Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GN) pada 23 Agustus 2021.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala BB Biogen Ir. Mastur, M.Si., Ph.D. dan dihadiri oleh seluruh pegawai (BB Biogen) terdiri dari struktural, peneliti, fungsional tertentu, administrasi, dan non PNS secara online dan offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Dalam arahannya, Kepala BB Biogen menyambut baik sosialisasi ini, “hendaknya hasil sosialisasi disampaikan ke lingkungan pegawai, baik dalam keluarga maupun masyarakat sekitar” tuturnya.

Dua orang narasumber dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bogor, yaitu Eko Sumartono, S.I.Kom. dan Widiawati, S.KM., menyampaikan Inpres Nomor 12 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GN) dan Prekursor Narkotika 2020-2024 yang menjadi payung hukum bagi semua kementerian dan lembaga negara untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut.

Berdasarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2020, terdapat 6 aksi generik dan 26 aksi khusus mencakup Bidang Pencegahan (15 aksi), Bidang Pemberantasan (11 aksi), Bidang Rehabilitasi (4 aksi), dan Bidang Litbang (2 aksi). Aksi generik dilaksanakan oleh seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sedangkan aksi khusus dilaksanakan oleh kementerian/lembaga terkait dengan tupoksi mendukung P4GN.

Setelah pemaparan oleh narasumber, acara dilanjutkan dengan diskusi antara lain terkait tujuan sosialisasi, definisi narkoba, saran untuk memberikan masukan kepada produsen untuk produk tertentu yang sering disalahgunakan, perlunya edukasi dari awal untuk anak sekolah serta adanya pengawasan, prosedur tes urin, program pelatihan untuk keluarga, dan izin penelitian [M. Hasni Zulfikar].