Dalam Rangka Memeriahkan HUT ke-47, Balitbangtan Gelar Ekspose Inovasi Teknologi Pertanian

Berita

 176 total views,  2 views today.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menggelar Ekspose Inovasi Teknologi Pertanian di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, (9/9/2021). Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka HUT ke-47 Balitbangtan.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry, menyatakan, acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini bertujuan mempromosikan varietas unggul yang dimiliki Balitbangtan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional. Terutama kesejahteraan petani, mengingat permintaan atas tanaman hias meningkat saat pandemi Covid-19.

“Komoditas tanaman hias dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan pesat bahkan di tengah pandemi. Jelas, ini menjadi pilihan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo (SYL) beserta Staf dari UK/UPT Lingkup Kementerian Pertanian hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut SYL, ketersediaan inovasi unggul merupakan factor kunci dalam pengembangan pertanian, khususnya subsektor florikultura.

“inovasi florikultura yang telah dihasilkan perlu segera diintroduksikan secara sistemik, cepat dan masif ke tangan pengguna, salah satunya melalui kerja sama kemitraan untuk pengembangannya. Kerja sama dengan para mitra tersebut diharapkan dapat berdampak signifikan dalam pengembangan industri florikultura,” tutur SYL.


“Setelah ini, kita terobos dan kita akan siapkan pengembangannya ke depan. Kita akan jalin kerja sama dengan berbagai pihak baik dari start up, eksportir dan juga duta milenial pertanian,” lanjutnya. Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry mengatakan, dalam kegiatan open house ini digelar pameran Agro Inovasi Fair (AIF), yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-47 Balitbangtan. Tidak hanya produk dan inovasi florikultura, dalam acara ini juga ditampilkan berbagai macam teknologi pertanian terkini hasil invensi Balitbangtan dalam pameran AIF. (M. Hasni Zulfikar)