Perkenalkan Cara Budidaya dan Pemanfaatan Sorgum Manis Bioguma, BB Biogen Gelar Bimtek ke Petani

Berita

 270 total views,  3 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menyelenggarakan hilirisasi hasil inovasi Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) berupa Varietas Unggul Baru (VUB) Sorgum Manis Bioguma Agritan. Hilirisasi ini berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema “Budidaya dan pemanfaatan sorgum manis Bioguma”.

Bimtek ini dilaksanakan 21 September 2021 di Desa Nganggel, Desa Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul. Acara dapat terselenggara bekerjasama dengan kelompok Tani Garuda. Hilirisasi ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari Penyuluh pertanian dan para Petani.

Hadir di acara ini Kepala BB Biogen Mastur, Ph.D., Kepala BB Biogen sangat antusias dengan hadirnya para petani yang ingin mengikuti bimtek untuk mengetahui cara budidaya dan pemanfaatan dari sorgum manis bioguma ini. Para Petani sangat antusias dengan materi presentasi yang disampaikan oleh Peneliti terkait.

Prof. Endang Gati Lestari sebagai Pemulia Sorgum Manis Bioguma menjelaskan bahwa sorgum manis bioguma agritan yang dihasilkan oleh Balitbangtan mempunyai beberapa keunggulan.

“Sorgum manis bioguma agritan yang dihasilkan oleh Balitbangtan mempunyai beberapa keunggulan antara lain, bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku olahan untuk nasi, olahan berupa kue basah maupun kue kering atau mie kering. Batang dari sorgum manis bioguma mengandung gula dan serat kasar serta protein yang tinggi sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak ruminansia, demikian pula bibitnya dapat di gunakan sebagai bahan baku pakan ternak unggas. Nira yang dihasilkan dapat juga diolah menjadi gula cair,” tutur Endang Gati.


“Gunung kidul mempunyai potensi untuk mengembangkan sorgum baik untuk pangan maupun untuk bahan baku pakan ternak. Karena, hampir semua penduduknya mempunyai ternak. Kondisi Tanah di daerah ini tergolong kering, sehigga pemenuhan bahan baku pakan ternak menjadi kendala. Keunggulan dari batang sorgum manis bioguma dapat juga diolah menjadi silase dengan cara batang di copper menjadi lembut kemudian di masukkan ke dalam kantong plastik dan di tutup rapat. Silase yang dihasilkan sangat disukai ternak karena aroma nya dan rasanya yang enak. Silase menjadi alternatif karena dapat disimpan lama dan menjadi solusi saat kemarau panjang,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, BB Biogen menyerahkan VUB kedelai Biosoy 1 dan 2 dan padi Biobestari kepada penangkar benih untuk dikembangkan lebih luas. (MHZ)