Ingin Membedah Dampak Radiasi Pada DNA dan Sifat Padi, BATAN Mengikuti Bimtek di BB Biogen

Berita

 140 total views,  3 views today.

Dua orang Pegawai Badan Atom Tenaga Nuklir (BATAN) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Identifikasi gen kandidat yang mengontrol kegenjahan dan tinggi tanaman pada varietas padi mutan lokal menggunakan Next Generation Sequencing selama tiga puluh hari (20 September 2021-19 Oktober 2021) di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen).

Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator KSPHP Sustiprijatno pada Kamis (23/9/2021). Sustiprijatno menyambut baik terselenggaranya bimtek ini, sekaligus mengenalkan aplikasi Pusat Genome Pertanian Indonesia (PGPI) milik BB Biogen.

“Kami sangat senang dengan diadakannya bimtek ini antara BB Biogen dengan Batan. BB Biogen memiliki PGPI yang hanya satu-satu nya di Indonesia, dan dengan aplikasi ini lebih memudahkan kita untuk mencari data-data sequencing, aplikasi ini juga dapat diakses negara-negara lain bahkan seluruh dunia. Kami berharap dengan bimtek ini dapat memperluas pengetahuan, sehingga ketika kembali ke instansi dapat diterapkan dan dibanggikan ilmu yang didapat di BB Biogen selama bimtek,” ujar Susti.

Bimtek ini terdiri atas pembekalan teori dan praktek. Dengan Bimtek ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan, dan wawasan yang lebih untuk diaplikasikan saat kegiatan diterapkan di instansi para peserta. Ada dua pemrasaran dalam bimtek ini yang nantinya akan juga memberikan bimbingan secara mandiri atau didampingi, yaitu Yunus, Ph.D. dan Dr. Dani Satyawan.

Ada beberapa topik selama bimtek ini berjalan, mulai dari “Overview and Discussion about Next Generation Sequencing (NGS), Preparation of samples and chemical reagents for DNA Extraction, Practical exercise on NGS-grade DNA extraction, Preparation of DNA Library for NGS, Preparation of DNA Library for NGS, Self study, Quality and quantity control of NGS DNA Library, Genome sequencing and high throughput genotyping, Overview of QTL by Sequencing (QTL-Seq), Overview of toolsets required for QTL-Seq, Basic operation of Linux operating system and its softwares, NGS sequence alignment and variant calling, Bioinformatic analysis of sequence variants, Introduction to R software, R for Analysis and visualization of NGS data, QTL-Seq Analysis from NGS results, Visualization of QTL-Seq results, Preparation final report, Preparation for Final Presentation Report, Final report presentation”

Khaerul dan Wijayanto peserta bimtek ini merasa sangat senang dapat diberi kesempatan untuk melakukan bimtek disini.

“Kami berharap setelah bimtek ini selesai dilaksanakan, kami dapat memahami dan mengaplikasikan di kantor kami. Kami juga berharap nantinya dapat mengidentifikasi gen yang fokus dan dapat mengkontrol umur dan tinggi tanaman,” pungkas Wijayanto. (MHZ)