Ingin Mengenal Prinsip Dasar Teknik Biologi Molekuler, Mahasiswa UNS Mengikuti Bimtek di BB Biogen

Berita

 153 total views,  2 views today.

Dua puluh orang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengenalan prinsip dasar teknik biologi molekuler selama delapan hari ( 28 September 2021 – 8 Oktober 2021 ) di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Petanian (BB Biogen).

Bimtek ini adalah tindaklanjut dari Kerjasama antara BB Biogen dan UNS untuk program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) yang mengimplementasikan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Para peserta Bimtek ini merupakan mahasiswa Prodi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BB Biogen Mastur. Kepala BB Biogen menyambut baik acara yang akan dilaksanakan, sekaligus memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan bimtek ini.

“Saya sangat senang dan bahagia melihat adik-adik mahasiswa ini ingin belajar mengenai prinsip dasar teknik biologi molekuler yang mungkin ada beberapa yang belum disampaikan di kampus dan disini kita akan bersama-sama menggali ilmu mengenai teknik tersebut. Ada beberapa agenda juga yang nanti dipelajari mulai dari teori dan praktik yang akan dipandu oleh teman-teman dari BB Biogen,” tutur Kepala BB Biogen.

“Dengan terlaksanannya bimtek ini, adik-adik mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan, dan wawasan yang luas mengenai prinsip dasar teknik biologi molekuler, sehingga dapat diterapkan saat di kampus dan mungkin dapat di bagikan kepada teman teman lain,” lanjutnya.

Ada beberapa materi yang diagendakan selama bimtek ini, mulai dari Pengenalan Laboratorium dan Praktikum (Keselamatan kerja, preparasi isolasi DNA : penyiapan buffer ekstraksi, pelabelan, dan lain-lain), Praktikum (Isolasi DNA tanaman), Pengenalan prinsip dasar marka molekuler, cek kualitas dan kuantitas DNA-Nanodrop, kuantifikasi DNA-elektoforesis (gel agarose), pengenceran DNA, preparasi dan amplifikasi DNA dengan teknik PCR (reaksi dan program PCR)-(menggunakan set primer I), pengantar teori isolasi DNA dan teknik PCR, penyiapan gel agarose dan elektoforesis (cek produk PCR hasil amplifikasi), praktikum elektroforesis lanjutan (interpretasi hasil elektroforesis produk PCR pada gel agarose dan preparasi gel poliakrilamid), pengenalan teori elektoforesis dan interpretasi data, pengenalan software untuk analisis data molekuler dan interpretasi data, elektoforesis (poliakrilamid) dan skoring produk PCR, preparasi dan amplifikasi DNA dengan teknik PCR, pengenalan genome editing dan aplikasinya di Biogen, skoring produk PCR, penyiapan gel poliakrilamid, analisis data molekuler (NTSYS), running sampel pada gel poliakrilamid, analisis data molekuler (powermaker), pengenalan teknik rekayasa genetika dan aplikasinya di Biogen, stunting dan visualisasi hasil elektroforesis gel poliakrilamid, pengenalan teknik konservasi SDG, skoring data, pengenalan teknik pemetaan genetik, interpretasi data (presentasi peserta), simulasi teknik konservasi SDG: pembuatan media, Simulasi teknik konservasi SDG: kpnservasi in vitro, Simulasi teknik konservasi SDG: kripreservasi, simulasi teknik konservasi SDG: Pengamatan dan skoring, dan kunjungan ke Bank Gen.

Zadia Zora salah satu mahasiswa peserta bimtek merasa sangat senang dan bersyukur dapat diberi kesempatan untuk mengikuti bimtek disini.

“saya sangat senang sekali denga apa yang telah dijalani beberapa hari disini, dan ini adalah suatu pengalaman yang sangat berharga dan luar biasa untuk saya dan teman-teman, banyak sekali manfaat yang dapat kami ambil disini mulai dari materi yang baru kita dapatkan di bimtek ini, lalu dapat bekerja di laboratorium, dan disini walau hanya beberapa minggu kita melaksanakan bimtek, tapi saya merasakan seperti keluarga disini kita diarahkan dan dibimbing dengan baik. Selain itu kami mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu yang telah membimbing kami selama bimtek ini terselenggara,” ucapnya. (MHZ)