Turut Memeriahkan Gelaran AIF 2021, BB Biogen Menampilkan Inovasi Hasil Olahan Pangan Lokal

Berita

 170 total views,  1 views today.

Gelaran Agro Inovasi Fair (AIF) 2021 yang berlokasi di kantor Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) 7 November 2021 ada berbagai bazar yang menampilkan hasil-hasil inovasi dari pengolahan pangan lokal dari Unit Kerja (UK) yang berada di bawah Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) dan dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) turut serta dalam acara yang digelar setiap tahun ini. BB Biogen menampilkan beberapa olahan pangan lokal hasil Inovasi nya, seperti Bioetanol dari hasil fermentasi Nira Sorgum Bioguma, Susu Kedelai dari Kedelai Biomax, Tempe dari Kedelai Biosoy serta menampilkan benih-benih Kedelai Biomax 1, Kedelai Biomax 2, Padi Biosalin 1, dan Padi Biosalin 2.

Acara ini diawali kunjungan stand-stand inovasi pengolahan pangan lokal pertanian oleh Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo yang didampingi oleh Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono, Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry dan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang hadir bersama istri.

Stand BB Biogen salah satu stand yang dikunjungi oleh Mentan, Kepala Balitbangtan dan Wali Kota Bogor. Di Stand BB Biogen Mentan melihat olahan pangan lokal seperti tempe dari kedelai biosoy, lalu Mentan, Kepala Balitbangtan, dan Wali Kota Bogor serta istri mencicipi susu kedelai dari varietas kedelai Biomax.

Mentan memberikan komentar yang positif mengenai susu kedelai Biomax ini “susu kedelai biomax ini enak, enak, enak” ucap Mentan.

Wawan Sub Koordinator Pendayagunaan Hasil Penelitian (PHP) dan Tim menjelaskan tentang turut serta nya BB Biogen dalam gelaran AIF 2021 dan apa saja hasil olahan pangan lokal dari inovasi BB Biogen yang ditampilkan dalam acara ini.

“BB Biogen mengikuti acara AIF 2021 yang diselenggarakan oleh BPATP ini untuk mengenalkan ke masyarakat mengenai inovasi yang ada di Balitbangtan Kementan ini untuk mendukung Sinergitas Agroindustri Pangan Lokal Tembus Pasar Dunia seperti tema pada gelaran AIF 2021 ini. Kami juga membawa beberapa hasil olahan pangan lokal kami seperti Bioetanol Nira Sorgum Bioguma, Susu Kedelai Biomax, dan Tempe Biosoy,” ujar Wawan.

Selain itu BB Biogen mengundang Mitra untuk berpartisipasi dalam acara ini, yaitu dari Koperasi Sorgum Nusantara yang diketuai oleh Yudith dan PT. Sorgha Sorghum Sejahtera. Produk yang ditampilkan berupa aneka olahan sorgum, beras sorgum, tepung sorgum, gula sorgum dan sapu sorgum.

Dalam rangkain acara ini ada penyerahan royalti yang diberikan kepada peneliti, pemulia, perekayasa lingkup Balitbangtan, salah satu yang mendapatkan royalti ialah peneliti BB Biogen Dr. I Made Samudra yang diwakili oleh Dr. Dodin Koswanudin mendapatkan royalti terhadap teknologi yang telah dilisensi oleh badan usaha, yaitu Feromon EXI, Feromon PBPK, dan Feromon Litura. (MHZ)