Ingin Menambah Pengetahuan Mengenai Tanaman yang Cocok dan Bernilai Tinggi, Tim Pemberdayaan Masyarakat Subang Kunjungi BB Biogen

Berita

 108 total views,  1 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) mendapatkan kunjungan dari Tim Pemberdayaan Masyarakat Subang, Jawa Barat (15/11/2021).

Tim Pemberdayaan Masyarakat Subang disambut langsung oleh Kepala BB Biogen yang diwakili oleh Sustiprijatno selaku Koordinator Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) dan Tim BB Biogen. Dalam sambutannya Koordinator KSPHP menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Pemberdayaan Masyarakat Subang yang ingin menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai inovasi yang ada di BB Biogen.

“Kami menghaturkan terima kasih kepada Tim Pemberdayaan Masyarakat Subang, Jawa Barat atas kunjungannya ke BB Biogen untuk menambah wawasan mengenai inovasi apa saja yang ada di BB Biogen khususnya Badan Litbang Pertanian,”Sambutnya.

“Disini banyak sekali inovasi inovasi yang sudah dihasilkan oleh para peneliti kami (BB Biogen) dan ada juga Varietas Unggul Baru (VUB) yang kami hasilkan untuk dapat dikembangkan oleh steakholder, masyarakat khususnya para petani,” tambahnya.

Rudy selaku Direktur Bisnis menjelaskan tujuannya beserta tim ke BB Biogen ini untuk menambah wawasan dalam bidang pertanian agar dapat disalurkan ilmu yang di dapat ke masyarakat Subang, Jawa Barat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Kedatangan kami ke BB Biogen untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dalam bidang pertanian mengenai tanaman-tanaman inovasi BB Biogen dan VUB nya yang cocok dan bernilai tinggi, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami mempunyai tujuan juga untuk memberdayakan masyarakat Subang, terutama kita diajak oleh masyarakat Subang untuk membantu mereka, karena di Subang ada lahan sekitar saratus  hektar,”tutur Rudy.

“Nah, ini salah satu tujuan kita datang ke BB Biogen, karena background kami disini tidak ada yang dibidang pertanian, akan tetapi dengan segala macam pengalaman dalam dunia bisnis dan keinginan kita membantu masyarakat ini harus diimbangi dengan pengetahuan yang cukup, maka dari itu salah satu tujuan kenapa kita berkunjung ke BB Biogen,” tambahnya.

Selanjutnya Tim Pemberdayaan Masyarakat Subang, melihat video Profil 2021 BB Biogen dan diajak oleh tim dari BB Biogen untuk melihat teknologi destilasi nira sorgum menjadi bioethanol. Proses nira sorgum berasal dari pemerasan batang sorgum yang mengandung air yang kemudian dilakukan proses fermentasi minimal 3 hari selanjutnya didestilasi dengan alat tersebut untuk diambil Bioetanolnya. (MHZ)