Membuat Kampung Sorgum di Sukabumi, PT. Grahol Berkunjung ke BB Biogen

Berita

 210 total views,  1 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) mendapat kunjungan dari PT. Grahol, (17/11/2021).

PT. Grahol ialah perusahaan yang akan segera digagas oleh Dadang Kholillah dan Awal Mulyana, perusahaan ini akan mengangkat dan mengembangkan sorgum di daerah Sukabumi tepatnya di Jampang Surade.

Kunjungan PT. Grahol ke BB Biogen disambut langsung oleh Mastur, Ph.D. selaku Kepala BB Biogen. Mastur menyambuat baik kedatangan pihak PT. Grahol dan mengapresiasi program yang akan dikembangkannya.

Dadang Kholillah menjelaskan mengenai tujuannya bersama rekan ke BB Biogen ini untuk mendapatkan benih varietas Sorgum Bioguma yang akan di kembangkan dan diolah menjadi berbagai macam inovasi olahan lokal.

“Tujuan kami ke BB Biogen, karena kami ingin mengembangkan Sorgum Bioguma Agritan untuk kami gunakan dalam program pengembangan dan penangkaran sorgum di Sukabumi. Insyaallah kita akan menjadi penangkar sorgum yang bekerjasama dengan BB Biogen, dan benih ini akan kami sebarkan dan dikembangkan benihnya ke tempat lain. Sebagai tahap awal kami telah tanam 5 hektar di Kecamatan Nagrak, Sukabumi. Benih Bioguma 1 diperoleh dari Mitra kami yaitu Ibu Yudith dari Koperasi Sorgum Nusantara,” tutur Dadang.

“Seperti poin satu sampai enam yang saya uraikan tadi. Kita akan membuat kampung sorgum, poin pertama kami akan membuat rumah sorgum terlebih dahulu, lalu poin kedua kami akan membuat rumah makan sorgum. Rumah makan sorgum yang nanti kami bangun, ialah rumah makan yang dibuat sengaja untuk mengundang masyarakat mengenal sorgum lebih dekat, poin ketiga kita akan membuat menu paket nasi sorgum dan daging burung puyuh, kemudian poin keempat kita akan membuat menu bubur sorgum untuk para penderita diabetes, kemudian poin kelima kita akan membuat kemasan nasi sorgum siap masak atau beras sorgum siap masak, kemudian yang keenam kita akan membuat moci yang mana moci adalah makanan khas dari Sukabumi tapi nanti akan kita buat dari inovasi sorgum, dan kemudian turunan turunan sorgum ini akan kita manfaatkan untuk ternak sapi, kambing, ayam, dan beberapa hal yang berhubungan dengan sorgum,” lanjutnya.

Selanjutnya ada prosesi penyerahan secara simbolis benih sorgum bioguma dari BB Biogen kepada pihak PT. Grahol sebanyak 5 kg dari yang diberikan total 15 kg.

Semoga dengan akan dikembangkan dan dimanfaatkannya sorgum menjadi berbagai inovasi olahan pangan lokal, akan menjadikan masyarakat lebih mengenal sorgum, dan sorgum dapat mendunia seperti hal nya beras. (MHZ).