Memanfaatkan Sorgum Varietas Bioguma Sebagai Pengembangan Kawasan Untuk Penyedia Pakan Lokal

Berita Tak Berkategori

 90 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) mengikuti acara panen raya hijauan di Desa Klatakan Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, (16/11/2021).

Panen raya ini adalah kegiatan RPIK Sapi Sorgum dengan koordinator Puslitbang Peternakan yang telah memanfaatkan sorgum varietas Bioguma sebagai pengembangan kawasan untuk penyedia pakan lokal dengan luas pertanaman sebanyak 55 ha.

Panen tanaman benih sorgum juga dihadiri Wakil Bupati Sumenep Dewi Kholifah, Staf Ahli Bupati MH Riwansia, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Imam Darmaji, Kepala DTPHP Hariyadi Tedjo Laksono dengan di wakili Sekdis Yatno, Kepala BB Biogen Mastur, Ph.D, peneliti Balitbangtan serta para penyuluh pertanian.

Dalam acara panen raya menggunakan alat mekanisasi, Kepala BB Biogen memberikan sambutan mengenai peran bioteknologi dalam merakit sorgum varietas Bioguma.

Pada kesempatan ini dilakukan prosesi pemberian bantuan alat mesin panen dan mesin cacah kapasitas 50 ton per jam yang akan dikelola oleh kelompok tani (Poktan) di desa Klatakan kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo. Di kesempatan ini juga Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Situbondo hadir untuk meresmikan pabrik pakan ternak tersebut.

Sekedar informasi, sorgum manis varietas Bioguma Agritan miilik BB Biogen ini, selain bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, batangnya dapat dikembangkan sebagai sumber pakan hijauan. Tanaman sorgum ini juga sangat potensial di kembangkan dilahan tidur maupun di lahan marjinal. (MHZ)