Tertarik Dengan Produk Inovasi Balitbangtan, Petani Ganteng Sambangi BB Biogen

Berita

 222 total views,  3 views today.

Komunitas Petani Ganteng (Gabungan Petani Rengasdengklok) Kabupaten Karawang, sambangi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Rabu (24/11). Komunitas yang merupakan gabungan dari beberapa kelompok tani ini tertarik dengan produk-produk hasil BB Biogen yang berpotensi untuk dikembangkan di daerahnya.

Kedatangan Petani Ganteng diterima langsung oleh Kepala BB Biogen, Mastur, PhD. Mastur menyambut baik dan mengapresiasi atas ketertarikan para petani tersebut. Mastur juga mengimbau agar mereka diajak berkeliling ke beberapa lokasi untuk melihat langsung produk apa saja yang akan dikembangkan nantinya.

Dalam kunjungan lapangnya, Petani Ganteng ditemani oleh Sub Koordinator PHP BB Biogen dan peneliti, Dr. Iswari Dewi selaku pemulia padi Bioprima dan Bioemas, mengunjungi beberapa lokasi seperti Bank Gen Pertanian, laboratorium kultur jaringan, pembuatan nira sorgum dan tanaman rumput Biograss.

Di sela-sela kunjungan lapang, Taufik Ismail, koordinator rombongan, mengungkapkan awal mula ketertarikannya terhadap produk-produk Biogen setelah sebelumnya memperoleh hasil memuaskan dari tanam padi Bioprima dan Bioemas di Karawang.

“Kami sangat senang dengan apa yang telah kami peroleh dari hasil panen padi Bioprima dan Bioemas. Kedua varietas ini sangat membantu dalam meningkatkan jumlah produksi sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petani. Hasilnya panen VUB Bioprima mencapai 11 ton GKP / hektar sedangkan Bioemas belum panen umurnya saat ini baru 1,5 bulan,” kata Taufik.

Taufik dkk kemudian berinisiatif untuk mengembangkan produk inovasi Balitbangtan lainnya seperti sorgum manis hingga rumput gajah Biograss untuk pakan ternak.

“Saya memperoleh informasi bahwa di BB Biogen juga menghasilkan produk selain padi, oleh karenanya saya dan teman-teman yang tergabung dalam komunitas Petani Ganteng ingin melihat langsung produk apa saja yang bisa dikembangkan di daerah kami,” imbuhnya.

Setelah selesai dari aktivitas lapang, Kepala BB Biogen menyerahkan langsung secara simbolis, benih padi Bioni 63 dan sorgum Bioguma 2 Agritan masing-masing 5 kg, serta 200 stek rumput gajah Biograss. (RDS)