Struktur Organisasi

 345 total views,  6 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) merupakan unit pelaksanan teknis (UPT) eselon IIb di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian sebagai hasil peningkatan status dan perubahan nama dari Balai Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (Balitbiogen) yang berstatus eselon IIIa, melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No. 631/Kpts/OT.140/12/2003 tanggal 30 Desember 2003.

Tugas pokok dan fungsi BB Biogen berdasarkan Permentan Nomor 33/Permentan/OT.140/3/2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian adalah:

  1. Pelaksanaan penyusunan program, rencana kerja, anggaran, evaluasi, dan laporan penelitian dan pengembangan bioteknologi dan sumber daya genetik pertanian;
  2. Pelaksanaan penelitian konservasi dan karakterisasi yang meliputi fisik, kimia, biokimia, metabolisme dan biomolekuler sumber daya genetik pertanian;
  3. Pelaksanaan penelitian bioteknologi sel, bioteknologi jaringan, rekayasa genetik dan bioprospeksi sumber daya genetik pertanian;
  4. Pelaksanaan penelitian keamanan hayati dan keamanan pangan produk bioteknologi;
  5. Pelaksanaan analisis kebijakan bioteknologi dan sumber daya genetik pertanian;
  6. Pelaksanaan pengembangan komponen teknologi sistem dan usaha agribisnis produk bioteknologi pertanian;
  7. Pelaksanaan kerja sama dan pendayagunaan hasil penelitian bioteknologi dan sumber daya genetik pertanian;
  8. Pelaksanaan pengembangan sistem informasi hasil penelitian dan pengembangan bioteknologi dan sumber daya genetik pertanian; dan
  9. Pengelolaan urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga, dan perlengkapan BB Biogen.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Kepala BB Biogen dibantu oleh tiga pejabat eselon IIIb, yaitu (1) Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), (2) Kepala Bidang Program dan Evaluasi (Kabid PE), dan (3) Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (Kabid KSPHP). Masing-masing pejabat eselon IIIb membawahi pejabat-pejabat eselon IV, yaitu Kabag TU membawahi Kepala Subbagian (Kasubbag) Kepegawaian, Kasubbag Rumah Tangga & Perlengkapan, dan Kasubbag Keuangan; Kabid PE membawahi Kepala Seksi (Kasi) Program dan Kasi Evaluasi; sedangkan Kabid KSPHP membawahi Kasi Kerja Sama dan Kasi Pendayagunaan Hasil Penelitian.

Selain itu, untuk melaksanakan tugas dan fungsi yang menjadi mandat BB Biogen dibentuk lembaga internal fungsional dan lembaga internal non fungsional. Lembaga internal fungsional adalah Kelompok Peneliti (Kelti) yang dipimpin oleh Ketua Kelti dan ditetapkan oleh Kepala BB Biogen. Lembaga internal fungsional BB Biogen terdiri dari empat Kelti, yaitu (1) Kelti Pengelolaan Sumber Daya Genetik (PSDG), (2) Kelti Biokimia (BK), (3) Kelti Biologi Molekuler (BM), dan (4) Kelti Biologi Sel dan Jaringan (BSJ).

Kelti Pengelolaan Sumber Daya Genetik (PSDG) bertugas melakukan karakterisasi, konservasi, identifikasi dan pemetaan plasma nutfah pertanian. Sementara Kelti Biologi Molekuler bertugas untuk melakukan penelitian dibidang bioteknokogi pertanian seperti aplikasi marka molekuler, rekayasa genetik, serta analisis genom. Kelti Biologi Sel dan Jaringan (BSJ) bertugas melakukan penelitian kultur sel dan jaringan guna perbanyakan dan perbaikan tanaman, produksi metabolit sekunder dan konservasi tanaman secara in-vitro atau dalam lingkungan terbatas. Sementara Kelti Biokimia bertugas melakukan analisis bioprospeksi sumber daya genetik (SDG) dan perakitan kit deteksi dini terhadap patogen penyebab penyakit dan protein fungsional penciri karakter penting SDG pertanian.

Lembaga internal non-fungsional adalah (1) Program Penelitian, (2) Laboratorium dan Fasilitas Uji Terbatas (FUT) untuk pengujian produk rekayasa genetik (transgenik), (3) Tim Panitia Evaluasi Karya Ilmiah (PEKI) yang sekarang menjadi Tim Penilai Peneliti pada Tingkat Unit Kerja (TP2U) dan Tim Penilai Litkayasa pada Unit Kerja (TPLU), dan (4) Tim Sumber Daya Manusia (SDM).

Struktur organisasi BB Biogen secara skematis dapat digambarkan sebagai berikut:

Kepala Balai: Ir. Mastur, MSi. Ph.D.
Kepala Bagian Tata Usaha: Drs. Pandoyo, MM.
Kepala Subbag Kepegawaian: Kartono, S.ST.
Kepala Subbag Rumah Tangga & Perlengkapan: Lutfi Padhil, S.Ap.
Kepala Subbag Keuangan: Ir. Faizal Abidin
Kepala Bidang Program & Evaluasi:
Nur Azizah, SSi., MSi.
Kepala Seksi Program: Dr. Reflinur, SP., MP., PhD.
Kepala Seksi Evaluasi: Ir. Ida N. Orbani
Kepala Bidang Kerja Sama & Pendayagunaan Hasil Penelitian: Dr. Sustiprijatno, S.Si., M.Sc.
Kepala Seksi Kerja Sama: Ma’sumah, S.Si.
Kepala Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian: Dr. Wening Enggarini, M.Si
Ketua Kelompok Peneliti Pengelolaan Sumber Daya Genetik: Dr. Drs. Dodin Koswanudin, M.Si.
Ketua Kelompok Peneliti Biologi Sel dan Jaringan: Dr. Ika Roostika Tambunan, SP., M.Si.
Ketua Kelompok Peneliti Biologi Molekular: Dr. Toto Hadiarto

Ketua Kelompok Peneliti Biokimia: Dr. Alina Akhdiya, S.Si., M.Si.