Atasi Covid-19, Kementan Maksimalkan Toko Tani untuk Bantu Masyarakat

Berita

 193 total views,  1 views today.

Kementerian Pertanian (Kementan) mengoptimalkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) guna memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Saat mengunjungi TTIC di Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan, terdapat lebih dari 11 komoditas yang tersedia di TTIC Bogor.

Dengan jaminan stok dan harga yang bersaing, TTIC ini pun dinilai sebagai solusi dalam menjawab masalah dan tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini. “Mudah-mudahan toko tani ini menjadi bagian dari solusi-solusi yang bapak presiden perintahkan pada kami,” ungkap SYL, Selasa (14/4/2020).

Di lokasi yang sama, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut bahwa keberadaan TTIC selaras dengan tiga skema prioritas untuk menangani covid-19. Satu diantaranya adalah dengan membuat program pengaman jaring sosial. “Berbagai upaya dilakukan pemerintah, rakyat harus makan, untuk itu program jaring pengaman sosial harus dijalankan semaksimal mungkin. Itulah selarasnya yang dilakukan toko tani dan pemerintah,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kementan membagikan ratusan paket sembako berisi beras, minyak dan telur kepada pengemudi ojek online dan tukang becak. Bayu, salah satu pengemudi mengaku sangat terbantu dengan adanya paket yang diberikan. Mengingat pendapatan mereka menurun drastis sejak adanya wabah covid-19. “Sejak ada corona orderan jadi sepi banget, yang biasanya sehari bisa 20 orderan sekarang cuma satu atau dua orderan saja,” ungkap Bayu. Ia pun berharap agar kedepan lebih banyak instansi yang melakukan kegiatan sosial seperti ini, terlebih jelang bulan suci ramadan.

Berikut adalah beberapa daftar harga komoditas yang tersedia di TTIC Bogor (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Beras 8.800/kg Gula pasir 12.500/kg Minyak goreng 11.000/liter Telur ayam ras 22.500/kg Daging sapi 75.000/kg Daging ayam 29.000/kg Bawang putih 32.000/kg Bawang merah 35.000/kg Bawang Bombay 38.000/kg Cabai merah 25.000/kg. (AB)