Balitbangtan Bahas Persiapan Pertemuan Governing Body-FAO ITPGRFA

Berita

 143 total views,  3 views today.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) melakukan sosialisasi dalam rangka mempersiapkan pertemuan Governing Body-FAO The International Treaty on Plant Genetic Resources for Food and Agriculture (ITPGRFA).

Pertemuan yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 di India tersebut, merupakan perjanjian antar bangsa (traktat) internasional yang mendukung pelestarian dan pemanfaatan sumber daya genetik (SDG), termasuk di bidang pangan dan pertanian.

Sosialisasi ITPGRFA yang diselenggarakan di Bogor pada Selasa (14/6), diikuti secara onsite maupun online oleh sekitar 127 peserta yang terdiri dari perwakilan kementerian/lembaga, tim pakar komisi nasional (Komnas) SDG, komisi daerah (Komda) SDG, hingga akademisi yang berkompeten di bidangnya.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Kepala BB Biogen, Ir. Mastur, M.Si., Ph.D., mengingatkan pentingnya pertemuan ini.

“Sebagai negara mega biodiversitas, Indonesia berkomitmen penuh melalui arah kebijakan yang selaras dalam mendukung pelestarian dan pemanfaatan SDG, yang diantaranya dengan ikut serta dalam meratifikasi ITPGRFA sebagai lembaga yang mengatur kesepakatan pelestarian, pemanfaatan dan pembagian keuntungan yang adil dalam pemanfaatan SDG pangan dan pertanian dunia,” ujar Mastur.

Lebih lanjut, Mastur menambahkan, masukan-masukan strategis dari para peserta sangat diperlukan, sehingga pada saat pertemuan internasional dilaksanakan, posisi Indonesia di mata dunia menjadi semakin jelas.

“Secara khusus, kita perlu membahas terkait usulan perubahan multilateral systems sebagai topik utama yang akan diangkat pada pertemuan tersebut. Topik ini perlu berbagai pertimbangan seksama terutama kemampuan Indonesia saat ini dan yang akan datang,” imbuhnya.

Pada sosialisasi ini, para peserta diberikan materi tentang bagaimana meningkatkan manfaat keanggotaan ITPGRFA dan persiapan Governing Body 9 oleh Mastur, Ph.D., dan sosialisasi BSF 5 serta tata cara pengisian kuisioner ITPGRFA oleh Ma’sumah, S.Si. (RAS)