Balitbangtan Lepas Dua VUB Padi Tahan HDB

Berita

 158 total views,  1 views today.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) kembali melepas dua varietas unggul baru (VUB), padi Bioryza Agritan dan Biomonas Agritan. Melalui sidang pelepasan varietas tanaman, Rabu (15/6/2022), kedua VUB rakitan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dinyatakan lulus.

VUB padi Bioryza dan Biomonas merupakan turunan esensial dengan background Ciherang dan Inpari 13, yang dirakit dengan menggunakan teknologi pemuliaan silang balik berbantu marka molekuler (molecular assisted backcrossing) dengan strategi piramida gen ketahanan (gene pyramiding).

Menurut peneliti pemulianya, Dr. Fatimah, keunggulan dari VUB padi tersebut antara lain memiliki 4 gen ketahanan terhadap penyakit hawar daun bakteri (HDB), toleran peningkatan suhu, dan merupakan varietas turunan esensial (VTE).

“Padi Bioryza dan Biomonas memiliki 4 gen ketahanan terhadap penyakit HDB yaitu gen Xa4, xa5, Xa7, dan Xa21 yang tidak dimiliki padi lainnya. Kedua VUB juga merupakan VTE sehingga masih tetap mempertahankan sifat-sifat unggul padi tetuanya. Keunggulan lain pada keduanya yaitu toleran peningkatan suhu sehingga dapat digunakan sebagai salah satu strategi mengantisipasi dampak perubahan iklim,” ungkapnya saat diwawancara di Bogor.

Selain memiliki beberapa keunggulan di atas, kedua VUB memiliki produktivitas rata-rata dan potensi hasil yang tinggi.

“Dari hasil uji petak pembanding (UPP) yang dilakukan, Bioryza memiliki produktivitas rata-rata 5,8 ton/ha dan potensi hasil 7,3 ton/ha, sedangkan Biomonas memiliki produktivitas rata-rata 5,3 ton/ha dan potensi hasil 6,9 ton/ha,” imbuhnya.

Selanjutnya, kedua VUB akan dikembangkan di daerah endemik penyakit HDB maupun dalam skala geografis yang lebih luas.

Pada kesempatan lain, Kepala BB Biogen, Ir. Mastur, M.Si., Ph.D., turut bangga dengan hasil yang telah dicapai. Mastur juga terus mendorong para petani di berbagai daerah untuk memanfaatkan semua produk Balitbangtan, termasuk kedua VUB padi yang baru dilepas.

“Tentu saja kami bangga dengan apa yang telah dicapai oleh BB Biogen sejauh ini, dan mendorong para petani di berbagai untuk menggunakan produk-produk Balitbangtan. Khususnya petani di daerah endemik HDB, kami merekomendasikan untuk menanam padi Bioryza dan Biomonas. Semoga kedua VUB yang baru dilepas dapat diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.