BB Biogen Kenalkan Jenis Pelayanan Melalui Public Hearing

Berita

 206 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genentik Pertanian (BB Biogen) menggelar Public Hearing Standar Pelayanan Publik pada Kamis (13/8/2020). Dalam kegiatan ini Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (Kabid KSPHP), Dr Sustiprijatno memaparkan sembilan jenis pelayanan yang dimiliki BB Biogen.

Sembilan pelayanan tersebut diantaranya pelayanan informasi dan konsultasi bioteknologi dan sumber daya genetik pertanian, laboratorium terpadu, perpustakaan, unit pengelola bio produk dan benih sumber (UPBBS), kerja sama penelitian dan pengembangan, transfer teknologi, bank gen pertanian, pusat genom pertanian indonesia (PGPI), dan kajian keamanan pakan produk rekayasa genetik.

Menurut Susti, pelayanan yang dimiliki BB Biogen tersebut memiliki standar pelayanan publik (SPP) sesuai Peraturan Menteri Pertanian No.78/Permentan/OT.140/12/2012.

“Permentan tersebut mengatur tentang dasar hukum, jam pelayanan, persyaratan, prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk pelayanan, fasilitas pelayanan, kompetensi dan jumlah pelaksana, pengawasan internal, penanganan pengaduan, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, serta evaluasi kinerja pelaksana,” papar Susti.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan live streaming Youtube ini diikuti perwakilan Ombudsman RI, Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Eselon 3 dan 4 lingkup Balitbangtan, perguruan tinggi, perusahaan swasta, penyuluh pertanian dan kelompok tani.

Dalam paparannya, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Arief Wibowo menyebutkan bahwa pelayanan publik harus memiliki prinsip standar pelayanan. Standar pelayanan yang dimaksud adalah sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan, transparansi, dan keadilan.

“Standar Pelayanan harus mudah dimengerti, diikuti, dilaksanakan, diukur dan memiliki prosedur yang jelas,” ujar Arief.

Sementara itu Kasubbag Budaya Kerja Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Mardianis meminta agar standar pelayanan yang ditetapkan dan diumumkan, perlu dilakukan penetapan maklumat pelayanan.

“Maklumat Pelayanan yang telah disusun wajib dipublikasikan secara luas, jelas, dan terbuka kepada masyarakat, melalui berbagai media yang mudah diakses oleh masyarakat,” ungkap Mardianis.

Saat ini, seluruh jenis pelayanan BB Biogen dapat dilihat di website biogen.litbang.pertanian.go.id. Selain jenis layanan, di laman tersebut juga dilengkapi dengan informasi prosedur layanan untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkannya. (Andika Bakti)