BB Biogen Kenalkan Teknologi Kultur Jaringan Porang Lewat Bimbingan Teknis

Berita

 1,215 total views,  1 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) kembali mengadakan Bimbingan Teknis (bimtek). Bimtek kali ini membahas tentang Kultur Jaringan Porang yang menjadi salah satu teknologi di BB Biogen.

Acara Bimtek ini diselenggarakan secara virtual di BB Biogen, Bogor, pada Rabu (14/4/2021). Terdapat seratus peserta dari unit kerja lingkup Badan Penelitain dan Pengembangan Pertnian (Balitbangtan) yang mengikuti kegiatan ini.

Hadir dalam acara Bimtek Porang ini Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry dan Kepala BB Biogen Mastur, Ph.D. Kepala Balitbangtan memberikan arahan sekaligus membuka acara Bimtek Kuljar Porang. Dalam sambutannya Kepala Balitbangtan mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini.

“Kami sangat mengapresiasi atas terselenggaranya bimbingan teknis kultur jaringan porang yang diselenggarakan oleh BB Biogen secara virtual,” katanya.

Menurut Fadjry, porang menjadi komoditi yang mendadak viral saat ini. Permintaan bahan baku industri (pangan fungsional, kosmetik, obat-obatan, dan industri) yang tinggi menyebabkan banyak petani yang berminat membudidayakan porang karena nilai usaha taninya cukup menggiurkan. Hal ini menyebabkan kebutuhan benih porang tidak dapat terpenuhi melalui perbanyakan secara konvensional menggunakan katak dan umbi.

“Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberi solusi atas kelangkaan benih porang. Balitbangtan perlu mengadakan Bimtek Kuljar Porang dengan peserta dari lingkup internal Balitbangtan. Melalui kolaborasi antar satker, diharapkan dapat diproduksi jutaan benih porang dengan harga yang terjangkau dan pada saat yang tepat,” tambahnya.

Fadjry pun berharap agar bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan untuk menghasilkan benih porang yang berkualitas, sehingga dapat bermanfaat untuk pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Ada beberapa pemrasaran yang memberikan presentasi seputar bimtek kuljar porang. Pertama Dr. Ika Roostika membahas teori kultur jaringan dan hasil-hasil riset terkini di BB Biogen, kedua Dr. Deden Sukmadjaja membahas Pengenalan laboratorium kultur jaringan dan fasilitas standarnya (alat dan bahan), ketiga Dr. Ragapadmi Purnamaningsih membahas Teori perbanyakan tanaman secara kultur jaringan. Setelah break, para peserta mengikuti praktik secara virtual melalui video.

Saat acara ditutup, Kepala BB Biogen Mastur, Ph.D. mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pesert dari lingkup Balitbangtan dalam acara Bimtek Kuljar Porang. Mastu berharap bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan mengenai perbanyakan benih porang melalui kultur jaringan. (MHZ/AB)