BB Biogen Kenalkan VUB Padi Bioemas Agritan ke Petani Karawang

Berita

 113 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani, hari Rabu (15/6/2022). Dengan mengenalkan varietas unggul baru (VUB) padi Bioemas Agritan, bimtek kali ini bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Karawang.

Kepala BB Biogen, Ir. Mastur, M.Si., Ph.D., saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan bimtek petani masih tetap berjalan di tahun ini, dengan misi membawa produk unggul hasil rakitan BB Biogen bermanfaat dan sampai ke masyarakat termasuk para petani.

“Dengan diadakannya acara ini, varietas unggul baru yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui BB Biogen dapat diadopsi dan dikembangkan dengan baik, sehingga setelah mendapatkan tambahan wawasan dari gelaran bimtek ini, para petani di Kabupaten Karawang dapat meningkat pendapatannya,” ujar Mastur.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang yang diwakili Drs. H. Muchrodi Surudzi, M.Si., selaku Sekretaris Dinas Pertanian, dan Edi Suryana, SP. MP., selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Nur Azizah, M.Si., Koordinator Program dan Evaluasi BB Biogen turut menjelaskan tujuan diselenggarakannya bimtek petani.

“Sepekan yang lalu, kami sudah mengadakan kegiatan yang sama di Cianjur dan masih dalam rangka mendiseminasikan VUB yang telah dihasilkan Balitbangtan. Untuk kali ini, kami ingin mengenalkan padi Bioemas yang merupakan salah satu hasil rakitan peneliti BB Biogen, kepada masyarakat khususnya petani di Karawang,” ungkap Nur Azizah.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pertanian, Drs. H. Muchrodi Surudzi, MSi., menyambut baik acara yang difasilitasi oleh BB Biogen.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala BB Biogen bersama tim, karena dengan gelaran bimtek padi Bioemas ini para petani menjadi bertambah wawasannya. Harapan kami setelah ada bimtek ini, produksi pertanian khususnya komoditas padi di Kabupaten Karawang meningkat, dan berujung pada kesejahteraan para petani,” ujar Muchrodi.

“Saya berpesan kepada para petani yang mengikuti bimtek, setelah selesai dan pulang untuk dapat menyebarluaskan informasi yang didapat kepada petani lainnya, agar menjadi manfaat,” imbuhnya.

Dalam bimtek ini, peserta juga dibekali dengan materi “Teknik Budi Daya Padi Bioemas” yang disampaikan oleh Dr. Iswari Saraswati Dewi, peneliti pemulia VUB padi Bioemas.

Usai acara, dilakukan serah terima benih 10 kg padi Bioemas, dan 10 bungkus cabai Biocarpa Agrihorti label kuning kepada Dinas Pertanian Kabupaten Karawang. Penyerahan benih ini merupakan langkah awal diseminasi Padi Bioemas di Kabupaten Karawang, sehingga perlu pengawalan dan pendampingan dari PPL agar informasi mulai benih tersebut ditanam sampai panen dapat terdokumentasi.

Peserta yang mengikuti bimtek sebanyak 76 orang terdiri atas Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan, penyuluh, dan petani. Para peserta tersebut berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Karawang, yaitu Kecamatan Karawang Timur, Majalaya, Klari, Pangkalan, Tirtajaya, Cikampek, Purwasari, Telagasari, Rawamerta, Telukjambe Barat, Lemahabang, Kutawaluya, Rengasdengklok, dan Jatisari. (MHZ)