BB Biogen Menangi Lomba Inovasi TIK Kementan

Berita

 197 total views,  1 views today.

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menjadi satu dari tiga instansi yang memenangi lomba Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kategori inovasi layanan TIK yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan). Adapun inovasi layanan TIK BB Biogen yang diikutsertakan dalam lomba ini adalah Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI).

PGPI sendiri merupakan basis data genom pertama di Indonesia yang menyajikan informasi berupa hasil analisis re-sekuensing genom, analisis de novo, analisis transkriptom, dan genome-wide genotyping. Cakupan komoditas yang tersedia diantaranya tanaman palma, tanaman industri, tanaman hortikultura, tanaman pangan dan hewan/ternak.

Seluruh data tersebut dapat dengan mudah diakses masyarakat melalui situs web http://genom.litbang.pertanian.go.id. Selain BB Biogen, dua instansi lain yang memenangi lomba adalah Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi dengan nama aplikasi Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu dan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dengan nama aplikasi SI KONTAK.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan Sekretariat Jenderal Kementan, pengumuman peringkat dan penyerahan piagam rencananya akan disampaikan pada saat Upacara Peringatan Hari KORPRI tanggal 29 November 2019 oleh Menteri Pertanian.