Diseminasikan Edamame Ke Petani Cianjur, BB Biogen Gelar Bimtek

Berita

 139 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Komoditas Kedelai Sayur (Edamame) di Aula Gedung Arialaka, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur, Kamis (9/6/22).

Acara dibuka oleh Kepala BB Biogen yang diwakili oleh Ir. Ida Noviatri Orbani selaku Kepala Bagian Tata Usaha BB Biogen. Turut hadir pula Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur yang diwakili Dandan Hendayana, S.P., M.P., selaku Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Irfan Handriyadi, S.P., M.Sc. selaku Subkoordinator Akabi, dan Ma’sumah S.Si., selaku Subkoordinator Kerja Sama BB Biogen.

“Varietas unggul baru (VUB) yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) melalui BB Biogen sebanyak 23 varietas, terdiri dari padi, kedelai, sorgum, cabai, jeruk, kedelai sayur, dan rumput gajah,” terang Ida dalam sambutannya.

Nur Azizah, S.Si. M.Si. selaku Koordinator Program dan Evaluasi BB Biogen turut menjelaskan tujuan diselenggarakannya bimtek petani.

“Bimtek ini diselenggarakan dalam rangka mendiseminasikan VUB yang telah dihasilkan. Oleh karenanya, para petani diharapkan dapat bertambah wawasan serta minatnya untuk memajukan pertanian di Kabupaten Cianjur, khususnya komoditas edamame,” tutur Nur Azizah.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Dandan Hendayana, menyambut baik acara yang difasilitasi oleh BB Biogen.

“Kami sangat senang dengan diselenggarakannya acara bimtek ini. Di Kabupaten Cianjur sendiri sudah ada petani yang menanam edamame, tetapi belum skala luas,” ujar Dandan.

“Petani yang akan menanam edamame mempunyai dua pilihan, yaitu akan ditanam di lahan sawah atau lahan darat agar usaha tani edamame berkelanjutan. Saat ini terdapat perubahan iklim, bulan Juni seharusnya sudah memasuki musim kemarau tetapi masih turun hujan. Kami berharap upaya awal melalui bimtek ini akan memberi motivasi kepada peserta yang hadir mempunyai alternatif usaha tanaman pangan yang lebih menjanjikan. Selain itu perlu menciptakan rantai pasok yang stabil,” imbuhnya.

Acara selanjutnya adalah paparan dari Kartono S.ST. sebagai narasumber dalam acara bimtek ini. Kartono memaparkan “Teknik Budidaya Kedelai Sayur Edamame Biomax”.

Usai acara, dilakukan serah terima benih 10 kg edamame Biomax 1 dan 10 bungkus cabai Biocarpa Agrihorti label kuning kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan. Penyerahan benih ini merupakan langkah awal diseminasi edamame Biomax 1 di Kabupaten Cianjur, sehingga perlu pengawalan dan pendampingan dari PPL agar informasi mulai benih tersebut ditanam sampai panen dapat terdokumentasi.

Peserta yang mengikuti bimtek sebanyak 60 orang terdiri dari 50 petani dan 10 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Para peserta tersebut berasal dari 10 kecamatan di Kabupaten Cianjur, yaitu Kecamatan Ciranjang, Karang Tengah, Haurwangi, Sukaluyu, Gekbrong, Sukaresmi, Cipanas, Pacet, Cugenang, hingga Cibeber. (MHZ)