Ingin Pelajari Marka Molekuler, Pusat PVTPP Mengikuti Bimtek di BB Biogen

Berita

 93 total views,  1 views today.

Sepuluh orang Staf Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengenalan Marka Molekuler selama dua hari (22-23 Maret 2022) di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen)-Bogor.

Bimtek ini terdiri atas pembekalan teori dan praktek, dengan dilaksanakannya bimtek ini, para peserta diharapkan memiliki pengetahuan, wawasan dalam bidang marka molekuler.

Kegiatan ini dibuka oleh Mastur, Ph.D selaku Kepala BB Biogen pada Selasa (22/3/2022). Kepala BB Biogen menyambut baik serta mendukung terselenggaranya bimtek marka molekuler ini.

“Kami sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan bimtek pengenalan marka molekuler di tempat kami ini. Kami berharap acara bimtek ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh, kemudian bila ada yang kurang dipahami dapat para peserta tanyakan langsung kepada bapak/ibu peneliti terkait,” tutur Mastur.

Adapun  topik dari teori kegiatan bimtek ini, mulai dari pengenalan keamanan laboratorium, pengantar prinsip dasar molekuler, pengenalan perangkat lunak analisis molekuler, pengenalan perangkat laboratorium, isolasi DNA tanaman, amplifikasi PCR dan Elektroforesis, dan Analisa serta interprestasi hasil. Aplikasi dari marka molekuler adalah sidik jari molekuler yang dimaksudkan untuk mendokumentasikan ciri genetik spesifik suatu varietas atau genotipe. (MHZ)