PP Kerja Turut Kembangkan Varietas Unggul Rakitan BB Biogen

Berita

 1,536 total views,  2 views today.

Salah satu pihak yang turut memanfaatkan dan mengembangkan varietas unggul baru (VUB) rakitan BB Biogen adalah Produsen Benih Unggul Bersertifikat PP Kerja di Desa Karangduren, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pada April lalu BB Biogen telah memberikan benih padi varietas Bioni 63 Ciherang Agritan sebanyak 10 kg, kemudian pada September BB Biogen juga memberikan benih padi varietas  Biobestari sebanyak 10 Kg, Biosalin sebanyak 10 Kg dan Galur Ciherang Mentik-2 (CM-2) sebanyak 10 Kg.

Menurut Bapak Cipto selaku Ketua PP Kerja, hasil survey dari beberapa petani menunjukkan bahwa varietas yang lebih disukai adalah Bioni 63 Ciherang, selain karena produktivitasnya tinggi, padi unggulan ini juga tahan wereng sehingga pada saat musim panen lalu PP Kerja tetap menghasilkan panen yang normal dan optimal meski kondisi di sekelilingnya banyak hama wereng.

Saat BB Biogen melakukan kunjungan lapang pada 27 November 2020, tim yang terdiri dari BB Biogen dan PP Kerja sempat melihat perkembangan padi Biobestari, Biosalin 1 dan Galur Ciherang Mentik-2 (CM-2) yang ditanam di Desa Karangduren, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali yang berumur ±20 hari.

Kemudian Tim  juga melihat pertumbuhan padi Bioni 63 Ciherang yang ditanam di empat lokasi di daerah Sragen, Jawa Tengah.

Di Kabupaten Sragen, 1 kelompok tani minimal mengelola 40 Ha yang membawahi beberapa petani, dan ketika sudah panen makan akan langsung berhubungan dengan kelompok tani tersebut . Tetapi jika ada yang kekurangan dana dalam pengelolaan sawah, sebab PP Kerja memberikan pinjaman dana kepada kelompok tani tersebut dengan bunga 0%. Sehingga dapat memudahkan petani untuk pengelolaan ketersediaan pangan di Kabupaten Sragen.

Menurut Bapak Joko Ketua Poktan di Karanganyar, estimasi hasil panen paling buruk adalah 25 Ton, dan untuk penanaman 3 Ha hasil panennya bisa ±30 Ton dengan target 10 Ton/hektarnya. Saat ini rumpun padi di Karanganyar sangat bagus, karena dalam 1 rumpun terdapat 30-35 anakan yang tumbuh. (IR/AB)