Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI)

Pusat Genom Pertanian Indonesia atau PGPI (www.genom.litbang.pertanian.go.id) merupakan basis data genom pertama di Indonesia. PGPI merupakan kelanjutan prototipe pangkalan data sebelumnya yang dibuat BB Biogen tahun 2014 untuk padi dan kedelai (IAARDGC, IAARD Genome Center).

Informasi yang dimuat dalam PGPI bersumber dari analisis genom mutakhir dan terkini yaitu hasil re-sekuensing genom, analisis de novo, analisis transkriptom, dan genome-wide genotyping. Pangkalan data ini dibuat dalam tujuh kategori variasi genom komoditas pertanian, yaitu tanaman palma (kelapa, kelapa sawit, aren), tanaman industri (jarak pagar dan kakao), tanaman hortikultura (cabai. kentang, pisang), tanaman pangan (padi, jagung, kedelai), hewan/ternak (sapi), marine species dan mikroba. Sumber daya genetik (SDG) yang digunakan sebagai materi yang disekuen genomnya dan genotyping merupakan aksesi asal Indonesia, introduksi dan VUB.

Ada dua komponen utama dalam PGPI yaitu pangkalan data dan Penjelajah Genom (Genome Browser). PGPI ini diharapkan akan memberikan kontribusi terhadap penelitian genom komoditas pertanian penting di Indonesia dan mendukung percepatan program pemuliaan.

Situs web PGPI mulai online dan dapat diakses publik sejak 1 Oktober 2015 dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenhumkam pada April 2018. Keunggulan PGPI adalah tidak memerlukan instalasi dan dapat diakses di mana saja, pemakaian tidak rumit dan intuitif, dan data yang disajikan unik dan hanya tersedia di web ini.