Tim Kemen PANRB Mengevaluasi Pembangunan Zona Integritas BB Biogen

Berita

 253 total views,  6 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pegembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Pertanian (BB Biogen) telah melaksanakan Desk Evaluasi Pembangunan ZI oleh Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemen PANRB) di BB Biogen secara during, Rabu (27/10/2021).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Nomor 10 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan MenPANRB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah, seluruh instansi pemerintahan diharuskan membangun zona integritas (ZI) di lingkungannya. Pembangunan ZI ini bertujuan untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Terdapat enam area perubahan pada pembangunan ZI, yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Berdasarkan hasil penilaian Pembangunan ZI oleh Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian sebagai Tim Penilai Internal, BB Biogen pada tahun 2021 ditetapkan sebagai Unit Kerja Berpredikat WBK lingkup internal Kementerian Pertanian (Kementan), dan diajukan kepada Kementerian PANRB sebagai calon unit kerja berpredikat WBK Nasional.

Kepala BB Biogen, Mastur Ph.D memaparkan beberapa capaian dan perubahan yang ada di BB Biogen.

“Ada beberapa capaian yang sudah dilakukan BB Biogen, yaitu dalam membangun enam area perubahan, peran BB Biogen di tingkat nasional dan internasional, serta tiga layanan unggulan dari sembilan layanan yang ada di BB Biogen, yaitu Bank Gen Pertanian, Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI), dan Sistem Informasi Riset, Pengkajian Keamanan Hayati, dan Peredaran Produk Rekayasa Genetik (SiRapPRG),” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif antara Tim dari Kemen PANRB Aan Syaiful Ambia dan Nafi Kurnia Putri, Tim Kerja Pembangunan ZI BB Biogen, dengan pendampingan dari Tim Inspektorat Investigasi Itjen Kementan Marolop Jonson Sihombing.

BB Biogen telah berkomitmen untuk mencegah dan memberantas korupsi, melaksanakan reformasi birokrasi, dan memberikan pelayanan publik yang bersih dan profesional. (MHZ)