Pastikan Keamanan Kerja dan Kesehatan ASN, BB Biogen Fasilitasi Medical Check Up Bagi Karyawan

Berita

 131 total views,  1 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) memfasilitasi medical check up (MCU) untuk para pegawai PNS, CPNS, PPNPN usai libur lebaran 2022. Kegiatan yang meliputi pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh tersebut, dilaksanakan di Ruang Agrobacterium, pada Selasa (17/5). Tes ini sekaligus sebagai satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pegawai dan keamanan kerja di BB Biogen.

MCU terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan non laboratorium. Pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan hematologi lengkap, metabolisme gula, fungsi hati, fungsi ginjal, dan metabolisme lemak. Sementara pemeriksaan non laboratorium terdiri dari thorax rontgen dan pemeriksaan fisik dokter.

Salah satu persyaratan, para pegawai diharuskan untuk berpuasa selama 10-12 jam sebelum dilakukan pemeriksaan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas berat dan beristirahat yang cukup minimal 8 jam sebelum melakukan MCU.

Kepala BB Biogen melalui Kabag Tata Usaha, Ida N. Orbani mengatakan, dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini.

“Tes ini juga sangat berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang,” ujar Ida.

Para pegawai yang telah selesai melaksanakan rangkaian MCU diberikan suplemen penambah daya tahan tubuh. (MHZ/RAS)